PERATURAN PERTANDINGAN ATAU KOMPETISI FUTSAL

futsal sportFUTSAL PERATURAN PERTANDINGAN ATAU KOMPETISI

FUTSAL PERATURAN DAN PERTANDINGANNYA

Untuk pertandingan berakhir seri, kompetisi futsal boleh menyatakan ketentuan yang menyertakan perpanjangan waktu atau dilakukan tendangan dari titik pinalti untuk menentukan pemenangnya.

TENDANGAN BEBAS LANGSUNG

Tendangan bebas bisa langsung diberikan ke tim lawan, jika pemain melakukan salah satu dari enam pelanggaran dibawah ini, dengan di lihat wasit dan jika merupakan tindakan yang kurang berhati-hati, kasar karena menggunakan tenaga yang berlebihan :
– Mencoba menendang lawan atau menendang.
– Mencoba mengganjal lawan atau mengganjal
– Menerjang lawan atau main sruduk dengan kasar
– Mendorong lawan dengan bahunya.
– Mencoba memukul lawan atau memukul.
– Mendorong lawan dengan kasar.

Tendangan bebas dapat langsung diberikan kepada tim lawan bila pemain futsal melakukan pelanggaran sebagai berikut :
– Memegang / menahan lawan main.
– Meludah pada lawan main.
– Melakukan sliding tackle karena mencoba merebut bola ketika bola sedang dimainkan dan dikuasai oleh lawan. (Terkecuali untuk penjaga gawang didaerah pinaltinya sendiri dan dengan syarat ia tidak bermain dengan hati-hati Bermain kasar atau menggunakan kekuatan yang berlebihan).
– Menyentuh lawan main sebelum berusaha menguasai bola futsal.
– Memegang langsung bola futsal secara sengaja, kecuali oleh penjaga gawang didaerah pinaltinya sendiri.
Tendangan bebas langsung dilakukan di tempat terjadinya pelanggaran.
Keseluruhan pelanggaran yang disebutkan diatas merupakan keseluruhan pelanggaran yang diakumulasikan.
• TENDANGAN PINALTI
Tendangan pinalti diberikan bila seorang pemain futsal telah melakukan pelanggaran di area pinaltinya sendiri dan tidak peduli dimana posisi bola futsal, asalkan bola futsal dalam permainan atau bola hidup.

TENDANGAN BEBAS TIDAK LANGSUNG

Tendangan bebas tidak langsung diberikan wasit kepada tim futsal lawan bila seorang penjaga gawang futsal telah melakukan salah satu pelanggaran dibawah ini :
– Setelah melepaskan bola futsal dari tangannya dan ia menerima kembali dari rekan tim (dengan kaki/tangan), sebelum bola melewati garis tengah lapangan futsal atau sebelum bola futsal dimainkan atau bola belum disentuh oleh pemain lawan.
– Menyentuh, memegang atau menguasai bola futsal dengan tangannya, secara sengaja dikembalikan kepadanya oleh rekan tim (back pass).
– Menyentuh / menguasai bola futsal dengan tangannya, sesudah ia menerima bola futsal langsung dari tendangan kedalam yang dilakukan oleh rekan tim.
– Menyentuh / menguasai bola futsal dengan tangan atau kaki, lebih dari empat detik.

Tendangan bebas tidak langsung diberikan wasit kepada tim lawan dan dilaksanakan ditempat terjadinya pelanggaran bila menurut pendapat wasit seorang pemain futsal:
– Bermain futsal dengan cara membahayakan lawan mainnya.
– Dengan sengaja menghalang-halangi gerakan pemain lawan tanpa ada bolanya (yang dimaksud bola tidak dalam jarak permainan).
– Mencegah dan menghalangi penjaga gawang melepaskan bola dari tangannya.
– Melakukan pelanggaran lainnya yang tidak disebutkan pada Peraturan No.12, dimana permainan dihentikan untuk memberi peringatan atau mengeluarkan seorang pemain.
Tendangan bebas tidak langsung diberikan kepada tim lawan langsung dari tempat dimana terjadinya pelanggaran. Kecuali jika terjadi didalam daerah pinalti maka tendangan bebas tidak langsung dilakukan dari garis daerah pinalti yang terdekat dimana pelanggaran itu terjadi.
• SANGSI DISIPLIN
Kartu kuning dan kartu merah hanya bisa ditunjukkan pada para pemain futsal atau para (pemain) cadangan.
Para wasit memiliki kekuasaan sepenuhnya untuk memutuskan sangsi disiplin kepada para pemain dari sejak ia masuk lapangan sampai meninggalkan lapangan setelah isyarat peluit akhir.

PELANGGARAN YANG HANYA DIPERINGATKAN

Seorang pemain di beri peringatan dgn menunjukkan kartu kuning, bila ia melakukan pelanggaran-pelanggaran sebagai berikut :
– Bersalah dan melakukan tindakan yang tidak sportif selama pertandingan.
– Memperlihatkan sikap dengan melontarkan perkataan atau aksi yang tidak baik.
– Tetap melakukan pelanggaran dan Peraturan Permainan.
– Mengulur-ulur waktu atau memperlambat permainan.
– Tidak bisa mengikuti perintah untuk menjaga jarak pada pemain lawan yang ditentukan wasit ketika dilakukan tendangan sudut / tendangan kedalam / tendangan bebas / tendangan gawang.
– Kembali masuk ke lapangan futsal tanpa ijin wasit atau melanggar prosedur pergantian pemain.
– Sengaja meninggalkan lapangan futsal tanpa ijin dari wasit.
Untuk setiap pelanggaran kepada lawan akan diberikan tendangan bebas tidak langsung dan dilakukan ditempat dimana terjadinya pelanggaran tersebut.
Bila pelanggaran ini dilakukan didalam area pinalti maka tendangan bebas tidak langsung bisa dilakukan dari garis daerah pinalti pada tempat terdekat dimana terjadi pelanggaran tersebut dan selain itu kepada pemain itu diberi peringatan dengan menunjukkan kartu kuning.

PELANGGARAN YANG BISA MENYEBABKAN PEMAIN DIKELUARKAN

Seorang pemain atau pemain cadangan aka dikeluarkan dengan menunjukkan kartu merah, Bila ia melakukan salah satu pelanggaran sebagai berikut :
– Pemain bermain sangat kasar sekali.
– Pemain melakukan tindakan kasar/sangat kasar.
– Meludah pada tim lawan atau orang lain.
– Menghalangi lawan main untuk mencetak gol atau kesempatan mencetak gol dengan sengaja memegang bola dengan cara yang tidak diperkenankan dalam peraturan (hal ini tidak berlaku kepada penjaga gawang didalam daerah pinaltinya sendiri).
– Mengagalkan pemain tim lawan yang akan / berkesempatan menciptakan gol dengan bergerak maju kedepan menuju ke arah gawang pemain tersebut dan melakukan tindakan pelanggaran yang dapat dikenai hukuman melalui tendangan bebas atau tendangan pinalti.
– Mengeluarkan kata-kata / omongan yang sifatnya menghina atau kata-kata caci-maki.
– Menerima peringatan Kartu Kuning kedua kalinya didalam pertandingan yang sama.
• KEPUTUSAN DAN PENEGASAN
Bila permainan futsal dihentikan untuk sementara karena pemain melakukan pelanggaran No.6 atau No.7 dan tanpa melakukan pelanggaran peraturan lainnya maka pertandingan futsal bisa dimulai kembali dengan tendangan bebas tidak langsung yang diberikan kepada tim lawan dan dilakukan ditempat dimana pelanggaran awal terjadi dan jika pelanggaran ini terjadi didalam daerah pinalti maka tendangan bebas tidak langsung bisa dilakukan di garis area pinalti yang terdekat dimana pelanggaran terakhir terjadi.

KEPUTUSAN – KEPUTUSAN

1. Pemain yang dikeluarkan oleh wasit (send off) tidak dapat ikut kembali kepermainan futsal yang sedang berjalan maupun duduk dibangku pemain cadangan dan harus meninggalkan sekitar lapangan. Maka Pemain cadangan baru dapat masuk ke lapangan dua menit setelah rekan timnya dikeluarkan, terkecuali tercipta gol oleh lawannya sebelum masa dua menitnya berakhir, maka pemain akan secara sah telah diijinkan oleh pencatat waktu.

Dalam hal ini akan ditetapkan aturan sebagai berikut :

- Bila dalam permainan terdapat 5 pemain melawan 4 pemain dan tim dengan jumlah pemain yang lebih besar mencetak gol, maka tim yang hanya dengan 4 pemain dapat memasukkan pemain kelimanya.
– Bila kedua tim bermain dengan 4 pemain dan terjadi gol, maka kedua tim tetap bermain dengan jumlah yang sama.
– Bilaa dalam pertandingan dimana terdapat 5 pemain bermain melawan 3 pemain, atau 4 pemain melawan 3 pemain dan tim dengan jumlah pemain yang lebih besar mencetak gol, maka tim dengan 3 orang pemain dapat menambah hanya satu orang pemain lagi.
– Bila kedua tim bermain dengan 3 pemain dan terjadi gol, maka kedua tim tetap dengan jumlah pemain yang sama.
– Bila tim yang mencetak gol adalah salah satu dari tim dengan pemain yang lebih sedikit, maka permainan diteruskan tanpa menambah jumlah pemain.

2. Tergantung pada peraturan 12.
Pemain boleh operkan bola ke penjaga sendiri dengan kepala (sundulan pada bola dengan kepala) dengan dada atau lutut dan cara lain asalkan bola telah melewati garis tengah lapangan futsal atau telah menyentuh/disentuh atau dimainkan oleh pemain lawan.
Tetapi jika menurut pendapat wasit pemain sengaja melakukan tipuan ketika bola dalam permainan menghindari peraturan ini , bila pemain itu bersalah berkelakuan tidak sportif. Pemain futsal diberikan peringatan dan menunjukkan kartu kuning dan tendangan bebas tidak langsung diberikan kepada tim lawan dilaksanakan dari tempat di mana pelanggaran terjadi dalam kondisi seperti itu tidak ada hubungannya apakah penjaga gawang kemudian menyentuh bola dengan tangannya atau tidak.
Pelanggaran yang dilakukan pemain futsal dalam usaha untuk menghindar dari ketentuan dan makna dari peraturan 12.
3. Menyerang yang dapat membahayakan keselamatan pemain lawan harus diberikan sangsi sebagai pemain sangat kasar (must be sanctioned as serious foul play).
4. Tiap tindakan pura-pura di dalam lapangan futsal adalah berniat menipu wasit maka harus diberikan sangsi sebagai kelakuan tidak sportif (must be sanctioned as unsporting behaviour).
5. Pemain futsal yang melepaskan baju kaos/shirt untuk merayakan gol harus diberikan peringatan untuk kelakuan tidak sportif (must be caution for unsporting behaviour).

 

Tags : lapangan futsal, lantai futsal, karpet futsal

One comment on “PERATURAN PERTANDINGAN ATAU KOMPETISI FUTSAL

  1. EdDy Nya IcHa on said:

    tidak sah bro, kecuali ada sentuhan terlebih dahulu setelah dilakukan kick in…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


+ 6 = ten

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current ye@r *